Press "Enter" to skip to content

Work From Home

Ini malam Senin dan hujan sedang turun. Kantor baru saja mengumumkan di Slack opsi ˆ (WFH) untuk tujuh hari kedepan. Tujuh hari sebelumnya kantor juga mengeluarkan aturan self quarantine 14 hari bagi siapa saja yang baru melakukan perjalanan luar negeri.

Kerja remote (jarak jauh) di kantor tempat saya bekerja sebenarnya bukanlah hal baru. Tapi ini untuk pertama kalinya ada aturan khusus WFH untuk semua karyawan. Itu artinya, situasi sedang tidak baik-baik saja.

Setelah WHO mengumumkan coronavirus sebagai pandemi dan jumlah orang yang positif di Jakarta terus meningkat, saya merasakan meningkatnya kekhawatiran. Di kereta, orang-orang selalu memasang mata curiga. Ada yang batuk sedikit saja jadi semacam aib. Gaya bersalaman juga berubah, lebih syar’i.

Kantor saya bukan satu-satunya yang menerapkan WFH. Nyaris semua perusahaan di Jakarta memilih mempertimbangkan opsi ini. Bahkan sampai dibuat guideline khusus bagaimana bersikap dan bekerja sehari-hari. Semua ini dilakukan demi mencegah virus menyebar luar.

Sayangnya, tidak semua jenis pekerjaan cocok untuk skema WFH. Petugas kebersihan, pekerja medis, kasir minimarket, barista, jurnalis hingga driver ojek online dan banyak lagi lainnya akan sulit untuk WFH. Buat mereka kita doakan yang terbaik. Semoga tetap sehat dan terjauhkan dari virus.

Untuk dua bulan ke depan, agenda perjalanan saya sebenarnya juga padat. Semuanya postponed hingga usai lebaran. Ada rasa sedih dan jengkel atas semuanya. Karena itu berarti ada sesuatu yang tertunda dan cukup menyebalkan. Tapi demi kebaikan bersama, langkah ini sudah tepat.

Dunia sedang istirahat sejenak. Mungkin ini cara lain untuk melihat dan merenungkan segala yang terjadi. Saya tidak ingin Indonesia lockdown, tapi jika jalan itu harus ditempuh kenapa tidak. Demi semuanya kembali normal dan kekhawatiran tak wajar bisa mereda.

Saya selalu merindukan menguping diskusi-diskusi aneh dan lucu di warung kopi. Tingkah laku orang-orang di kereta. Atau cipika cipiki ketika bertemu. Meski tidak dalam waktu dekat semuanya normal, setidaknya orang-orang mulai sadar akan kebersihan. Karena dengan menjaga pola hidup sehat setidaknya kita bisa kebal dari serangan virus.

Earth get well soon…!